Keindahan Pantai Pelabuhan Ratu dan Mitos Ratu Kidul

Pantai Pelabuhan Ratu
Kawan- Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam.


Keistimewaan dan Daya Tarik  
Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang dikenal memiliki keindahan panorama yang khas dan unik. Perpaduan antara pantai yang curam, pantai landai, karang terjal yang dilatar belakangi cagar alam hutan dan gunung serta sungai yang aliran derasnya dapat digunakan untuk arena arung jeram. Selain itu, di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu kawan-kawan dapat menjumpai paling tidak ada sembilan titik lokasi main surfing. Dari Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh dan Ujung Genteng. Di bulan-bulan tertentu antara Mei- sampai Oktober lokasi-lokasi ini biasanya akan ramai dikunjungi para peselancar.
Pantai di Sore hari

Hal lain yang mbuat pantai ini cukup istimawa, adalah pada tahun 1960 di pantai ini  menjadi satu tempat persinggahan Presiden Soekarno. ditempat ini pula, bliau mendirikan tempat peristirahatannya di Tenjo Resmi. Dngan inisiatif Soekarno, didirikanlah Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan  Hotel Indonsia, Bali Bach Hotel, dan Toko Serba Ada "Sarinah", yang kesemuanya menggunakan dana rampasan perang dari Jepang. 
Kamar No.13

Kawan-kawan dapat bersinggah ke Samudra Beach Hotel yang lokasinya berada sekitar 300 m dari Pelabuhan Ratu. Kawan-kawan dapat singgah ke kamar no.13, sebuah kamar yang dipnuhi aura mistis yang kononnya menjadi sebuah tempat persinggahan Penguasa Laut Pantai Selatan (Ratu Kidul). Di kamar ini kawan akan menemukan suasana mistis, dengan desain kamar yang dipenuhi ngan warna hijau. Warna faforit yang disukai  Ratu Kidul.


Fasilitas yang dapat Dinikmati
Di pantai ini kawan-kawan akan mudah menjumpai hotel besar dan mewah maupun hotel dan losmen kecil yang ramai ikunjungi banyak wisatawan lain. Tidak berapa jauh dari Pantai Palabuhanratu terdapat beberapa lokasi wisata lainnya.Di tempat ini tersedia Area Parkir yang sangat luas, musholla, Area bermain anak, warung makanan dan minuman, warung souvenir dan pakean sebagai oleh-oleh khas Pelabuhan Ratu.

Mitos Cerita Ratu Kidul
Masyarakat pantai selatan khususnya Pelabuhanratu percaya adanya penguasa laut selatan yang dikenal oleh masyarakat luas dnga nama Ratu kidul. Konon, Ratu Kidul adalah seorang ratu penguasa ;aut selatan yang cantik bagai bidadari. Di Laut Selatan - nama lain dari Samudra Hindia- sebelah selatan Pulau Jawa, Ratu Kidul bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang besar dan indah.

Ritula adat yang menjadi suatu tradisi bagi masyarakat sekitar Pelabuhan Ratu dijalankan setiap bulan April. Biasanya masyarakat sekitar Palabuhanratu mengadakan ritual upacara adat Hari Nelayan. Hari Nelayan dimaksudkan sebagai syukuran atas rezeki yang telah mereka dapatkan dari hasil laut. Selain itu ritual adat yang sudah melekat pada masyarakat sekitar Pelabihan Ratu juga dijalankan dengan tujuan agar dijauhkan dari bencana. Biasanya dalam upacara ritual ini disediakan sesaji berupa kepala kerbau yang nantinya akan dilarung ke tengah laut.

0 komentar:

Posting Komentar