Obyek Wisata Waduk Mrica

Waduk Mrica merupakan “danau buatan terpanjang” di Asia tenggara. Waduk ini dibuat dengan membendung Sungai Serayu. Waduk ini dibangun sebagai fungsi PLTA (Pembangkit listrik Tenaga Air). Selain sebagai fungsi PLTA, danau buatan ini dipandang cukup potensial sebagai tujuan wisata. Lokasi Obyek wisata ini berada di Kecamatan Bawang dan Kecamatan Wanadadi, tepatnya 8 KM sebelah barat Kota Banjarnegara.  

Fungsi Waduk Sebagai PLTA
Selain dikenal dengan nama Waduk Mrica, waduk ini juga di kenal dengan nama Waduk Panglima Besar Jendral Sudirman, Disana terdapat sebuah Bendungan besar yang diberi nama Bendungan Jendral Sudirman. Waduk ini dapat menghasilkan kapasitas tanaga listrik 184,5 Mega Watt, dengan tujuan untuk menyuplai kebutuhan listrik Jawa-Bali.
 
Tempat Potensial Pengembangan Sektor Wisata
Menurut catatan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara,  kawasan Waduk Mrica adalah salah satu obyek wisata yang sudah dikembangkan. Fasilitas-fasilitas pendukung untuk menarik para wisatawan sudah dibangun dikawasan ini. Paket wisata yang di tawarkan disini seperti perahu mengelilingi waduk, olah raga dayung maupun memancing. Selain itu, tersedia juga area bermain anak dan area memancing yang sangat cocok untuk para mincing mania. Area padang Golf juga tersedia disini, untuk memfasilitasi para eksekutif tersedia 8 Hole yang cukup luas.
 


0 komentar:

Posting Komentar